Rabu, 18 Januari 2012

Kehidupan Di Lab Kimia


Masuk ke jurusan Kimia, waktu-waktu kalian akan disibukkan di lab. Tangan kalian akan terus menulis laporan. Badan kalian akan terus memakai jas lab putih (yang lama-kelamaan akan kotor).

Di kimia, kalian akan bekerja di lab yang berbeda-beda. Organik, Analitik, Fisik, Anorganik, Biokimia. Hal yang kalian lakukan akan berbeda pula. Sintesis, karakterisasi, pengujian atau identifikasi, pengukuran. Jika kalian bertemu dengan titrasi saat SMA, itu hanya sebagian kecil yang akan kalian lakukan saat masuk jurusan Kimia. Keciiiiill banget.

Lab kimia tidak pernah monoton. Banyak hal menarik yang dilihat dan dilakukan. Padatan berwarna putih dicampur dengan larutan berwarna bening bisa menghasilkan senyawa baru yang berwarna-warni. Adanya endapan, suspensi maupun gelembung-gelembung gas bersama dengan bau-bau aneh. Letupan-letupan kecil di tabung reaksi pun tidak dapat dihindari. Campuran suatu senyawa dengan senyawa lain dapat menghasilkan suatu hal yang baru dan lain. Dengan warna dan karakteristiknya masing-masing. Banyak hal yang bisa diungkap dari warna suatu senyawa. Tentu saja, harus berhati-hati dengan bahan-bahan berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi atau efek samping lainnya (misal: menimbulkan kemandulan bagi para pria...). Sarung tangan, masker dan goggle harus siap sedia.

Ini hanya petikan kecil dari kehidupan di jurusan Kimia. Pesan terakhir, jangan lupa minum susu setelah bekerja di lab! :D


2 komentar:

  1. Numpang blogwalking ya
    Blognya bagus, apalagi isinya tentang kimia semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan dah mampir,
      blog ini temax mmg berbau kimia semua.
      sering" mampir ya gan..

      Hapus